Ada yang Hilang Awal Tahun 2024 di Blog dotsemarang?

Kami baru merasakan bahwa ada yang kurang dari blog dotsemarang semenjak awal tahun ini. Biasanya ada undangan untuk liputan atau sekedar melihat progres dari salah satu developer perumahan di Kota Semarang. Entah, kenapa rasanya adem-adem saja sekarang.

Kami kembali membuka postingan tentang perumahan yang ada di blog dotsemarang. Terakhir kami nulis ternyata sudah hampir 1 tahun, yaitu bulan Juni 2023. Saat itu, pengembang Jayametro lagi bangun Pandanaran Avenue.

Pemasaran yang terus berkembang

Bila mundur ke belakang saat awal-awal dihubungi pihak pengembang perumahan Jayametro, kami sangat senang bahwa blog turut diikutsertakan dalam kampanye pemasaran mereka. 

Tiap ada acara seperti launching peletakan batu pertama, kami turut hadir bersama undangan lain yang hadir dari kalangan awak media. Kami merasakan betul bagaimana kerja keras kami setimpal dengan penghargaan yang mereka berikan saat itu.

Seiring waktu, beberapa rekan bloger lain mulai turut hadir juga. Yah, kami pikir mereka butuh lebih banyak orang-orang yang membantu mereka (pengembang) dari sisi promosi online.

Tidak terasa sudah lebih dari 5 tahun berjalan semenjak pertama kali kami bekerja sama pada tahun 2018. Yang menarik, pihak pemasaran perumahan terus mengikuti perkembangan alat pemasaran dari mulai blogger seperti kami hingga bekerja sama dengan influencer.

Pihak pengembang juga sangat kreatif membangun konten mereka. Dari sekedar foto hingga video dengan beragam template. Beberapa youtuber juga pernah mereka undang.

Tidak semuanya kerja sama kami terlihat menyenangkan. Terkadang kami juga ditantang untuk tidak sekedar menulis konten lewat blog saja. Melainkan membuat video ala-ala influencer. Jika hanya video biasa, mungkin kami memahami. Namun saat level videonya ditingkatkan, kami kesulitan sendiri.

Beberapa bloger memang menyanggupinya dan bahkan merasa lebih baik. Hanya saja kami tidak ingin terlalu keluar dari jalur kami sebagai blogger.

Pemasaran yang dinamis di era sekarang memang terkadang mengurangi pekerjaan kami. Wajar jika sebagian pemilik blog mungkin akan terabaikan. Atau kami salah satunya? 

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

21 Ribu, Jumlah Statistik Penayangan Blog dotsemarang Bulan Februari 2024

Statistik Linkedln dotsemarang Bulan Juni 2023, Ada 200 Followers

25 Ribu, Jumlah Statistik Penayangan Blog dotsemarang Bulan Mei 2023